Selamat datang di situs resmi PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat


Jumat, 22 Juni 2012

Kelompok Melati, Bukan Hanya Kelompok Simpan Pinjam


Intan Jaya-Muara Papalik, Kelompok SPP Melati desa Intan Jaya telah merambah usaha selain simpan pinjam. Namun juga berusaha mencari usaha lain yang akan menjadi bagian usaha kelompok. Pada tahun ini, terhitung bulan Juni, kelompok ini telah mendirikan unit usaha pengadaan sembako bagi desa Intan Jaya. Dan usaha ini dikelola dengan cara bersama-sama. Demikian diungkapkan Erna sekretaris Kelompok melati kepada media ini.
Lebih lanjut Erna menceritakan latar belakang dari pendiri unit usaha kelompok Melati. Pada awalnya kita menginginkan adanya usaha peningkatan pendapatn kelompok. Dari musyawarah yang dilakukan dengan anggota, sepakat untuk mengadakan sembako. Jika dihitung dalam lingkup desa, sebuah peluang bagi kelompok ini.
Untuk itu dia mengharapkan binaan dari pelaku PNPM kecamatan Muara Papalik terutama masalah pembukuan kelompok. “tahap ini kita masih menggunakan sistem pembukuan buku Kas, sementara pembukuan sampai masalah perhitungan surplus dan defisit kita belum bisa,” ujar Erna.
Sampai per mei bulan lalu, modal kelompok yang sedang bergulir sebesar Rp. 30 juta. Walaupun kebutuhan simpan pinjam masih besar. Namun kita membuat cikal bakal usaha ini. “sebagian modal kita alokasikan untuk usaha ini”jelas erna
(Bidin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar