Selamat datang di situs resmi PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat


Rabu, 12 Februari 2014

Bram Itam Berprestasi



Swsana MAD bersama Tim 6

Bertempat di aula kantor kecamatan tanggal 20 Januari 2014, PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Bram Itam mengadakan Musyawarah Antar Desa (MAD) Tutup Buku UPK T.A 2013 yang dihadiri oleh Tim 6 utusan desa dalam Kecamatan Bram Itam serta pelaku-pelaku PNPM Mandiri Perdesaan lainnya diantaranya Camat Bram Itam, PjOK, FK/FT, BKAD, UPK dan PL dalam kesempatan itu Pengurus UPK menyampaikan bahwa pada tahun 2013 UPK Kecamatan Bram Itam mengalami peningkatan pendapatan  sebesar 65% jika dibandingkan dengan pendapatan pada tahun 2012 yaitu Rp 143.660.876 sedangkan asset yang dikelola adalah Rp 2.004.917.888. dengan besar tunggakan Rp 3.500.000 atau 0,15% dari asset yang dikelola oleh UPK, pada tahun 2014 ini UPK merencanakan untuk membangun kantor serta peningkatan kesejahteraan UPK berupa penambahan honor pengurus serta ditambah dengan tunjangan kehadiran dan asuransi.


Pemberian Bantuan kepda Siswa-siswi
Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan bantuan sosial dari hasil surplus UPK tahun 2012 berupa paket sekolah yang terdiri dari peralatan sekolah lengkap yaitu tas, seragam sekolah, dan alat tulis menulis. Bantuan ini diberikan kepada siswa /siswi Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah sebanyak 50 orang yang tidak mampu dalam lingkungan Kecamatan Bram Itam .

Bersamaan dengan acara MAD Tutup Buku UPK tersebut, PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Bram Itam juga memberikan penghargaan SIKOMPAK AWARD KECAMATAN BRAM ITAM untuk tahun 2013 kepada pelaku-pelaku desa berprestasi, untuk kategori Kades terbaik, TPK terbaik, KPMD terbaik, Pengelolaan SPP terbaik serta Kategori desa terbaik, adapun kriteria yang digunakan adalah berdasarkan kepada tupoksi masing-masing.
                   
Kriteria untuk Kades terbaik yaitu:
        Partisipasi kades dalam kehadiran musyawarah di desa dan kecamatan serta pengerahan kehadiran masyarakat dalam setiap musyawarah di desa.
        Proaktif dalam memantau perkembangan kegiatan didesa dan penyelesaian masalah serta menjalin komunikasi dan koordinasi dengan pelaku-pelaku desa dan kecamatan.
        Kekompakan atau kerjasama tim di desa dan kecamatan. 

Pemberian Tropi bagi Pemeneng sikompak Award

Nominasi Kades/Lurah terbaik adalah Kades Bram Itam Raya (Saripah, BA), Kades Mekar Tanjung (M. Samsul Khair), Lurah Bram Itam Kiri (Nurdinsyam) dan penerima sikompak award tahun 2013 untuk kategori kades/lurah terbaik adalah Kades Bram Itam Raya (Saripah, BA). 







Kriteria TPK terbaik yaitu :
        Kelengkapan adminstrasi kegiatan.
        Keaktifan pengurus TPK dalam kegiatan di desa dan rakor TPK di kecamatan.
        Kekompakan dan kerjasama pengurus TPK.
        Progres penyelesaian kegiatan di desa. 

Nominasi TPK terbaik adalah TPK Bram Itam Kiri, TPK Bram Itam Raya, TPK Mekar Tanjung dan penerima sikompak award tahun 2013 untuk kategori TPK terbaik adalah TPK Desa Mekar Tanjung. 

Kriteria KPMD terbaik adalah:
        Partipasi dalam setiap kegiatan di desa dan kecamatan.
        Keaktifan dan kehadiran dalam memfasilitasi musyawarah di desa.
        kerjasama tim dengan pelaku-pelaku desa dan kecamatan.

Nominasi KPMD Perempuan terbaik adalah KPMD Desa Jati Emas, KPMD Desa Mekar Tanjung, dan penerima sikompak award tahun 2013 untuk kategori KPMD Perempuan terbaik adalah KPMD Desa Jati Emas (Siti Sularsih). Sedangkan penerima sikompak award tahun 2013 untuk KPMD Laki-laki adalah KPMD Desa Semau (Halidi).

Kriteria pengelolaan atau pelaksanaan SPP terbaik adalah :
        Melaksanakan pertemuan rutin kelompok spp setiap bulan
        Kekompakan dan kerjasama tim.
        Pemanfaatan dana SPP sebagai modal usaha dan perkembangan usaha.

Nominasi pengelolaan SPP terbaik adalah Desa Pantai Gading, Desa Kemuning, Desa Mekar Tanjung, dan penerima sikompak award tahun 2013 untuk kategori pengelolaan SPP terbaik adalah Desa Mekar Tanjung. 

Adapun kriteria desa terbaik adalah keaktifan pelaku-pelaku desa dalam melaksanakan kegiatan di desa, kehadiran masyarakat dalam setiap musyawarah dan kegiatan. Peraih sikompak award tahun 2013 untuk pengelolaan PNPM Mandiri Perdesaan adalah Desa Mekar Tanjung. 

Terima kasih untuk semua pihak yang telah bekerja sama dalam kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan. Mari Bersama-sama kita membangun desa. (Ahmad Supriadi FK Kecamatan Bram Itam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar