Selamat datang di situs resmi PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat


Selasa, 05 Agustus 2014

H. KAHAR SOSOK PELAKU PNPMM-MP



 
H. Kahar, lelaki kelahiran Parit Serong 9 April 1962 yang sejak tahun  2012 menjadi kelurahan Tungkal V.  H. Kahar yang saat ini bertempat tinggal di RT. 02  Kelurahan Tungkal V yang merupakan Pusatnya Pemerintahan Kecamatan Seberang Kota. Lelaki paruh baya ini mulai bergabung dalam Program PNPM-MPd sejak tahun 2008 sebagai Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) desa Tungkal V Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Barat.  Pada tahun 2009 Kecamatan Tungkal Ilir  dimekarkan menjadi beberapa Kecamatan termasuk didalamnya  Kecamatan Seberang Kota merupakan salah satu Kecamatan yang dimekarkan dari Kecamatan Induknya Tungkal Ilir.



Pemekaran Kecamatan pada tahun 2009 ternyata tidak mengurungkan semangat Bapak dari 2 orang putri dan 2 orang putra ini untuk tetap bergabung dalam pelaku Program PNPM-MPd untuk desanya Tungkal V tidak sebagai KPMD tetapi menjadi Ketua Tim Pengelola Kegiatan  (TPK) yang diawali dengan kegiatan fisik untuk pembangunan 2 Posyandu dan 4 unit Jembatan Kayu dimana kesemua kegiatan fisik  ini Beliau selesaikan dengan baik dan tepat waktu  sesuai dengan perencanaan Program. Tahun 2010 H. Kahar kambali  dipercaya oleh masyarakat untuk menjadi Ketua TPK dimana pada tahun ini ada 1 kegiatan Jalan Rabat Beton dan 6 unit Jembatan Kayu yang harus dilaksanakan oleh desanya. Untuk tahun 2011 ada 8 unit Jembatan Kayu dan 1 jalan Rabat Beton  yang harus  dikerjakan dan diselesaikan dibawah pengawasan Tim Pengelola Kegitan (TPK) dimana H. Kahar masih menjabat sebagai ketua TPKnya. Di tahun 2012  H. Kahar berdasarkan pengalaman dan kinerjanya dalam menyelesaikan kegiatan fisik Program  dinilai masyarakat baik dan tidak adanya masalah yang timbul didalam melaksanakan kegiatan Program PNPM-MPd membuat masyarakat masih mempercayakan dirinya untuk menjabat sebagai ketua TPK ditahun ini ada 3 unit Jembatan Kayu harus dikerjakan. Pada tahun inipula terjadi pemekaran wilayah kecamatan Seberang Kota yang pada awalnya hanya memiliki 1 Kelurahan dan 3 desa dimekarkan menjadi 1 Kelurahan dan 7 Desa.   Pada alokasi anggaran tahun 2013 Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) Program PNPM-MPd Kecamatan Seberang Kota  mendapat Rp. 3,1 Milyar  dengan dana yang sebesar ini  diperuntukan untuk mendanai kegiatan  fisik di 1 Kelurahan dan 7 Desa,  dengan total kegiatan fisik 23 kegiatan  yang didanai. Kelurahan Tungkal V mendapatkan 5 unit Jembatan Kayu dan 1 Jalan Rabat Beton  dimana Tim Pengelola Kegiatan (TPK) masih diketuai oleh H.  Kahar. Kesemua kegiatan fisik ini  diselesaikan  oleh H.  Kahar dengan baik tanpa ada masalah dan sesuai dengan apa yang telah direncanakan  


H.  Kahar yang tidak mengenyam Pendidikan yang tinggi menyadari ditahun 2014 ini beliau  ingin mengundurkan diri didalam kegiatan Program PNPM-MPd disamping  memberikan kesempatan bagi kaum muda yang ada didaerahnya untuk belajar membangun daerahnya dengan bantuan Program PNPM-MPd dan beliau ingin fokus mengurus kebun miliknya yang selama ini kurang dapat perhatian. Niat beliau ternyata tidak sesuai dengan apa yang diharapkannya masyarakat, tenaga beliau masih dibutuhkan oleh masyarakat Kelurahan Tungkal V untuk melaksanakan kegiatan Program PNPM-MPd.


Dilihat dari awal pertama H.  Kahar bergabung dalam Program PNPM-MPd sampai dengan Tahun 2014 ini Beliau mengakui banyak ilmu Pengetahuan dan  Pengalaman yang didapatinya antara lain:

1. Walaupun Beliau tidak mengenyam Pendidikan yang tinggi tetapi beliau bisa dipercaya oleh masyarakat untuk melaksanakan suatu Program Nasional yang cukup besar.

2. Kesabaran sangat diperlukan didalam menghadapi masalah, konflik yang timbul didalam  masyarakat

3. Bisa berbuat untuk pembangunan daerahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar