Selamat datang di situs resmi PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat


Selasa, 05 Agustus 2014

KELOMPOK MANDIRI IBU-IBU DESA TUNGKAL 1




Pelatihan Kelompok SPP

Kisah ini bermula pada beberapa tahun lalu, ketika saya baru beberapa bulan direlokasi ke kecamatan Tungkal Ilir ini. Pada waktu itu Faskab menganjurkan untuk segera memperkuat kelompok-kelompok SPP yang ada di masing-masing kecamatan dengan cara mempersiapkan kelompok SPP tersebut menjadi kelompok Executing. Hal tersebut benar-benar membuat kami harus berfikir keras bagaimana caranya harus melaksanakannya, karena di kecamatan tungkal ilir pada saat itu sedang mengalami permasalahan besar, yang diantaranya penyelewengan dana dan tunggaan yang besar yang dilakukan beberapa orang didalam mayoritas wilayah kecamatan (Desa/Kelurahan), sedangkan sanksi MAD yang berlaku adalah tidak akan menggulirkan dana kepada Desa/kelurahan yang sedang bermasalah. Sedangkan kelompok-kelompok lainnya yang tidak termasuk didalam wilayah yang terkena sanksi adalah mayoritas kelompok SPP aneka usaha, yang hanya bisa dikategorikan kelompok channelling.


Setelah melakukan rapat internal yang dihadiri oleh unsur BKAD,PJOK, UPK, BP-UPK, maka akhirnya kami memutuskan untuk mempersiapkan cikal bakal kelompok executing dengan cara membentuk kelompok baru yang terdiri dari beberapa ketua kelompok SPP di Desa Tungkal 1.

Pada saat kami mensosialisasikan kepada ibu-ibu tersebut mengenai manfaatnya berkelompok dengan modal sendiri, antusiasme kami rasakan sangat besar. Dan akhirnya mereka mendeklarasikan berdirinya kelompok tersebut. Mereka segera membentuk pengurus harian, menyepakati AD-ART kelompok, dsb.

Pada saat ini kelompok tersebut telah hampir berumur 2 tahun, kondisi keuangan kelompok telah mendapatkan surplus dari modal sendiri hampir 200%, bahkan pada akhir tahun lalu mereka telah melakukan pembagian hasil kepada para anggota. Tapi, kelompok tersebut belum bisa meningkatkan modal mereka dari pinjaman di UPK, karena pada saat ini kecamatan tungkal ilir sedang terkena sanksi atas kecamatan berpotensi bermasalah.

Walaupun mereka tidak bisa mendapatkan dana tambahan dari UPK, tetapi mereka tetap bersemangat untuk tetap berkelompok, walaupun untuk saat ini mereka hanya bisa mengandalkan dari modal iuran dari para anggota. Harapan kami bersama, segenap pelaku PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Tungkal Ilir adalah semoga kecamatan tungkal ilir segera terlepas dari sanksi kecamatan berpotensi masalah. By heri Musannif (FK T.Ilir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar