Selamat datang di situs resmi PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat


Minggu, 05 Oktober 2014

Posyandu Integrasi PAUD Taman Raja Tidak Numpang Lagi




Gedung Posyandu Integrasi PAUD Tahap Pembangunan

Impian Masyarakayat  Desa Taman Raja Kecamatan Tungkal Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi Untuk mempunyai Pos Pelayanan terpadu ( Posyandu ) sekaligus Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) telah terwujud. Selama ini masyarakat Desa Taman Raja memang kesulitan menemukan lokasi melakukan kegiatan Posyandu khususnya posyandu untuk Balita. Karena selalu berpindah-pindah tempat, menggunakan rumah masyarakat secara giliran dan PAUD selama ini masih menumpang dibangunan Madrasah yang bersebelahan dengan bangunan Posyandu integerasi PAUD yang sekarang.



Gedung Posyandu Integrasi PAUD Tahap Pembangunan
       Sudah beberapa kali proposal pembangunan dimasukkan ke instansi terkait, tetapi tidak belum bisa terlaksana kapan pembangunan Posyandu Integrasi PAUD di desa Taman Raja dapat terwujud. Tetapi walaupun beberapa kali gagal dan tidak mendapat jawaban pasti tidak menyurutkan antusiasme khususnya ibu-ibu yang ada di desa Taman Raja. Sehingga Pada Tahun 2013 Proposal dimasukkan melalui PNPM Mandiri Perdesaan. Setelah melalui beberapa Tahapan/Langkah dan seleksi ternyata Pembangunan Posyandu Integrasi PAUD dapat dibangun dan Rampung pada bulan Januari 2014.
     


Kaum ibu yang memiliki anak dibawah lima Tahun ( Balita) kini dapat merasakan manfaat dari hasil perjuangan mereka, Posyandu sangat presentatif dan berada di tengah Desa ( dekat dengan kantor Desa ), sehingga memudahkan mereka berkunjung ke Posyandu guna mendapat pelayanan kesehatan balita dan ibu hamil serta menjadi arena bermain bagi anak-anak mereka. Semuanya, berkat program Penanggulangan Kemiskinan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat 


Salah seorang ibu warga Desa Taman Raja yang memiliki Balita menuturkan, sebelumnya mereka melaksanakan kegiatan Posyandu di rumah masyarakat dan terkadang rumah bidan desa. Namun, lokasinya sangat sempit dan kurang mudah dijangkau oleh masyarakat di RT lain, karena lokasi rumah berada di ujung Desa.” Selama ini Kami numpang dirumah Warga untuk Posyandu. Dan Untuk PAUD terpaksa numpang di Madrasah” ujar ibu tersebut.

Pembangunan Posyandu Integrasi PAUD Desa Taman Raja Tahun Anggaran 2013 melalui PNPM Mandiri Perdesaan tersebut menelan biaya sebesar Rp. 195.158.900. Dari jumlah tersebut, sebanyak  Rp. 185.400.900 untuk biaya pembangunan fisik, Biaya Ops. UPK Sebesar Rp. 3.903.200,- dan Biaya Ops. TPK Sebesar Rp. 5.854.800,- sedangkan swadaya masyarakat, berupa hibah tanah untuk pembagunan Posyandu dengan ukuran 15 x 20 M. Pembangunan gedung Posyandu dilakukan oleh Tim Pengelola Kegiatan ( TPK ) dan diawasi oleh Masyarakat setempat melalui Tim -18 yang bermitra dengan  Pemerintah Desa Taman Raja.

 Dan, sebagaimana diketahui, pembangunan Posyandu Integrasi PAUD bukan hanya sekadar menyediakan bangunan, tetapi juga fasilitas pendukung lainnya, seperti Meubilier berupa meja kursi,  tempat periksa dan juga sarana bermain Balita. Untuk itu, sebagian besar sarana, seperti peralatan timbangan bayi, tensi meter dan lain-lain disediakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Begitu pula pembinaan kepengurusan kader Posyandu.

Proses pengerjaan kegiatan dilakukan oleh warga Desa Taman Raja sendiri. Lama pengerjaan bangunan, yang diperkirakan memakan waktu dua bulan ternyata menjadi 3,5 bulan, keterlambatan terjadi karena cuaca yang tidak mendukung. 


Berkat Gedung Posyandu integrasi PAUD, para ibu hamil, Balita dapat melakukan kegiatan pengecekan kesehatan mereka di lokasi yang sangat strategis dan mudah dijangkau: berada di tengah Desa. Terjadi peningkatan mutu kesehatan ibu, anak dan peningkatan mutu pendidikan untuk usia dini. Bukan hanya itu, sekarang di Posyandu juga ada tenaga medis (bidan) yang selalu siap membantu masyarakat, bertempat tinggal di sana. Selain itu juga ada jadwal rutin kegiatan Posyandu sekali sebulan dengan bantuan medis dari puskesmas Kecamatan Tungkal Ulu.

Jika selama ini kegiatan posyandu selalu berpindah-pindah dan lokasi kegiatan PAUD menumpang di bangunan Madrasah, kini semua kegiatan kesehatan masyarakat, bahkan kegiatan rapat warga dan pertemuan-pertemuan lain juga terpusat di Posyandu dan arena bermain anak-anak juga telah tersedia. Ini juga menandakan tingginya rasa memiliki dari masyarakat terhadap gedung Posyandu integrasi PAUD mereka. (tim Kec. Tungkal Ulu)
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar