Selamat datang di situs resmi PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat


Jumat, 20 September 2013

Ice Cream Lusniyati Pembawa Rezeki



Kecamatan Tebing Tinggi adalah 1 dari 13 kecamatan yang mendapatkan bantuan Program PNPM-MPd di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi. Kecamatan Tebing Tinggi juga mendapatkan kegiatan SPP (Simpan Pinjam Khusus Perempuan), Salah satu nya adalah Desa Suka damai.
Pada suatu kesempatan, Ibu Lusniyati, mengikuti pertemuan Desa di lingkungannya. Materi yang disampaikan  ternyata lain dari yang biasanya, karena ada sosialisasi kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan dari FK dan FT Kecamatan Tebing Tinggi, yang salah satunya berisi tentang informasi pinjaman SPP (Simpan Pinjam Khusus Perempuan) bergulir.Sosialisasi dilakukan oleh FK/FT, KPMD dan Aparat-aparat Desa Suka Damai.
Inti pengumuman yang disampaikan oleh FK/FT, KPMD dan Aparat-aparat Desa Suka Damai yaitu bahwa seluruh warga yang ingin mendapatkan pinjaman SPP SPP (Simpan Pinjam Khusus Perempuan)  ini harus membentuk kelompok kecil, yang biasa disebut Kelompok SPP (Simpan Pinjam Khusus Perempuan). Hendaknya anggota SPP saling berdekatan tempat tinggalnya, sehingga mudah untuk saling bertemu dan membantu dalam upaya mewujudkan mimpi meningkatkan kesejahteraan bersama. Pinjaman pertama yang diperoleh masing-masing anggota berjumlah Rp  Mendengar 4.000.000 itu, Lusniati tertarik. Ia berpikir, bisa jadi inilah jalan untuk membuka usaha.
Usai pertemuan, Lusniati berunding dengan keluarga kecilnya. Suwrno pun sependapat dengan istri tercinta, sehingga ia mendorong Lusniati untuk bergabung dengan  Kelompok SPP (Simpan Pinjam Khusus Perempuan) bernama Kelompok SPP Kemuning yang dekat dengan lingkungannya, Uang yang didapatkan Kelompok SPP diserahkan Lusniati kepada suaminya untuk membeli bahan bahan ataupun  peralatan yang diperlukan.
Setelah usaha ini berjalan, Suwarno dan keluarga merasakan betul manfaatnya. Penghasilan Sehari dari menjual es krim sebesar Rp. 300.000,- sedangkan keuntungan yang didapat sekitar Rp150.000 per hari jelas sangat membantu kebutuhan ekonomi keluarga. Sedangkan angsuran pinjaman yang dibayar adalah sebesar Rp1.886.800 per bulan, selama 12 bulan. (FK/FT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar