Kotak saran Kec. merlung |
Pengaduan
yang muncul jika dilhat dari asal dan subtansinya sangat beragam,salah satu
contohnya yaitu pelaksanaan fisik (penempatan lokasi bangunan,Berita Acara
Revisi (terkait dengan Volume).Hal ini bisa
di asumsikan disebakan karena sebagai desa pemekaran dan baru,tentunya
warga/masyarakatnya masih sangat antusias dan bersemangat terhadap hal-hal yang
dianggap kurang sesuai dengan selera
masyarakat terkait dengan PNPM-MP dan sebagai pembelajaran sikap kritis masyarakat
terhadap persoalan-persoalan yang terjadi di lingkungan desanya,serta juga
bisa diasumsikan disebabkan karena masih rendahnya pengetahuan warga terhadap aturan dan proses di program,karena
warga desa Tanjung makmur masih pemain baru dalam PNPM-MP.yang pastinya
penulis yakin dan percaya bahwa pada desa tanjung makmur tersebut,substansi
pengaduan lebih banyak berupa permasalahan-permasalahan yang timbul di
lapangan,sehingga dibutuhkan adanya tata cara atau prosedur sebagai acuan
penanganan pengaduan tersebut.
Penanganan
yang di lakukan terhadap pengaduan masyarakat telah dilakukan secara berjenjang
sesuai dengan ruang lingkup dan cakupan masalah yang muncul ( A.Terkait Masalah
Implementasi Program : Kategori 1, dan
B.Derajat Penanganan : Derajat 1 yaitu
masih bisa diselasaikan di tingkat desa dan kecamatan ) dan ini semua sebagai bagian upaya menegakkan prinsip “ zerro Tolerance For Corruption “.Sehubungan
dengan hal tersebut menjadi sangat perlu dilakukan Pengelolaan Kotak Saran dan
pengaduan secara optimal terutama pada masyarakat awam yang belum bisa
menyalurkan aspirasinya secara teknologi ( Melalui SMS,Website pada media yang
ditempelkan pada papan informasi dan spanduk,baliho yang terpasang di
tempat-tempat umum), serta perlu diberikan kewenangan Daerah untuk
memberikan TINDAK TURUN TANGAN sesuai
kewenangan yang melekat pada tugas dan tanggung jawabnya.Untuk Desa Tanjung
Makmur “ Kotak Saran & Pengaduan “ sampai saat tulisan ini dinarasikan
sebagai GOOD PRACTICE memang banyak
berisikan pengaduan masyarakat,tetapi setiap pengaduan,baik yang berindikasi
masalah maupun bukan masalah sudah ditindaklanjuti oleh unit kerja yang
terkait,Hasil tindak lanjut terhadap pengaduan di desa tanjung Makmur kecamatan
Merlung di nyatakan : SELESAI (FK Merlung)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar