Selamat datang di situs resmi PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat


Senin, 03 Maret 2014

BUKA-BUKAAN ALA WAKIL BUPATI DALAM MUSREMBANG KECAMATAN SEBERANG KOTA




Musrembang Kecamatan Seberang Kota  yang dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2014 yang pelaksanaannya diadakan di Kantor Camat Seberang Kota yang dihadiri oleh Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat dan didampingi oleh Kepala BAPEDA dan  beberapa Kepala Dinas dan SKPD lainnya serta didampingi oleh Anggota Dewan  dapil Kecamatan Seberang Kota.


Diawali dengan kata sambutan yang dilakukan oleh Camat seberang Kota yaitu Bapak Toni Hermawan Putra yang menceritakan  Sejarah serta keadaan Monografi Kecamatan Seberang Kota untuk membuka wacana serta mendapatkan gambaran umum keadaan dan kondisi kecamatan Seberang Kota bagi pesarta Musrembang Kecamatan Seberang Kota. 


Kecamatan Seberang Kota yang merupaka kecamatan pemekaran dari kecamatan Induknya yaitu  Tungkal Ilir. Dimana pada awal berdirinya kecamatan Seberang Kota hanya terdiri dari satu  Kelurahan dan tiga Desa sedangkan saat sekarang Kecamatan Seberang Kota Sudah dimekarkan menjadi Satu Kelurahan dan Tujuh Desa dengan Infrah Sruktur yang masih minim dan sangat kurang untuk bisa dikatakan sebagai suatau Kecamatan.


Katamso sebagai Wakil  Bupati  Tanjung Jabung Barat membuka Musrembang  Kecamatan Seberang Kota untuk Tahun 2014 dengan didampingi  Kepala BAPEDA dan Kepala Dinas serta SKPD lainnya. Beliau  meminta kepada Kepala  BAPEDA dan Dinas-dinas  serta SKPD-SKPD  yang ikut dalam Rombongan  untuk dapat membuka dan menyampaikan Program-program apa saja yang telah dilakukan pada tahun 2013 dan Program-program apa saja yang akan dilakukan pada tahun 2014 serta Program-program apa saja yang talah direncanakan untuk tahun 2015. Dengan  penegasan yang disampaikan oleh Wakil Bupati kepada rombongan yang ikut agar kita selaku Pemerintah yang menjalankan roda pembangunan untuk kepentingan masyarakat jangan lagi ada yang disembunyi-sembunyikan didalam  pelaksanaanya.


Diawali oleh penjelasan yang disampikan oleh Kepala Bapeda yang menyampaikan beberapa Program yang dilaksanakan, untuk wilayah Kecamatan  Seberang Kota mendapatkan alokasi pembangunan  untuk Infra Struktur. Jalan dan jembatan masih menjadi prioritas yang utama ditambah lagi dengan adanya Program GEMA Desa yang akan dilaksanakan pada tahun 2014 ini dimana masing-masing desa akan mendapat dana sebesar RP. 300.000.000,- yang pelaksanaan program ini akan ditumpangkan pada program PNPM-MPd. Dinas Pertanian  dengan Program  Pencetakan sawah baru dan pengadaan bibit padi yang diberikan pada petani dengan dana subsidi ditambah dengan tenaga penyuluh lapangan. Dinas Perkebunan dengan Program  Perkebunan kelapa baru yang didanai mulai dari bibit sampai kepada pupuknya ditanggung oleh Pemerintah tinggal lagi masyarakat yang menyediakan lahanya. Dinas Pendidikan  dengan Programnya untuk pembangunan Kantor UPTD,Pembangunan Rumah dinas dan SMP satu Atap. Dinas ESDM dengan Program Pengadaan listrik Tenaga surya yang kebetulan Kecamatan seberang kota telah mendapatkannya dan untuk tahun 2014 kecamatan seberang kota mendapat bantuan Tenaga Surya satu lagi disamping tetap akan melanjutkan Program Listrik.


Penjelasan Progam yang  disampikan oleh BKBPNP dalam hal ini disampaikan oleh Bapak Hasbi Asidiqi mewakili kepala Badan BKBPNP dalam hal Program PNPM-MPd  untuk Kecamatan Seberang Kota Pada Tahun Anggaran 2013 Kecamatan Seberang Kota Mendapat Alokasi Dana Sebesar RP.  3,1 Milyar yang talah dilaksanakan kegiatan Fisiknya dan Kelompok SPP sebagai peningkatan Ekonomi Produktif. Sedangkan untuk Tahun anggaran 2014 Kecamatan Seberang Kota ,Mendapat Alokasi Anggaran sebesar RP.3,1 Milyar lagi yang digunakan untuk kegiatan fisik peningkatan sarana dan Infra Sruktur jalan didesa-desa sekecamatan seberang Kota dan untuk kelompok SPP sebagai Peninggkatan Ekonomi Produktif. Sedangkan untuk tahun Anggaran 2015 dalam hal Program PNPM-MPd secara Nasional  kita belum mendapat pengalokasian anggaran untuk kegiatan Program. Namun berdasarkan pertemuan denga pihak Dirjen PMD di Propinsi Jambi dalam beberapa waktu yang lalu pada prinsipnya program Nasional ini akan berlanjut menunggu keputusan dari Pusat.


Berdasarkan uraian yang telah disampaikan oleh masing-masing SKPD yang ikut dalam rombongan wakil Bupati dalam Musrembang Kecamatan Seberang Kota Wakil Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat  meminta kepada semua masyarakat untuk menegur atau mengginggatkan kami di Pemerintahan apabila didalam menjalankan roda pemerintahan ada hilap atau lupa didalam melaksanakan Program-program yang telah kita sepakati. (Prisusmanto-FT Kec. Seberang Kota)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar