Selamat datang di situs resmi PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat


Selasa, 26 November 2013

Dari Masyarakat Dan Untuk Masyarakat


Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat mandiri Perdesaan adalah salah satu Program yang berorientasi pada peningkatan kapasitas masyarakat dan kualitas hidup masyarakat perdesaan dimana  program ini memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat perdesaan itu sendiri.
Program PNPM-Mpd berbeda dengan program lain pada umum nya, dimana dalam Proses pelaksanaan dan tahapan-tahapan kegiatannya masyarakat dituntut untuk berperan aktif dalam menentukan arah kebijakan di daerahnya. Disamping itu mereka juga diajak untuk dapat menemukan masalah-masalah, penyebab terjadinya masalah dan mencari solusinya guna kemajuan desa. 

Desa Mekar Tanjung adalah salah satu desa di kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat provinsi Jambi, desa tersebut terdanai pembangunan jalan rabat beton sepanjang 950 M dengan besar dananya yaitu : fisik sebesar Rp 210.519.000, operasional 2% sebesar Rp 4.432.000 dan operasional 3% sebesar 6.648.000 yang pendanaannya bersumber dari dana BLM PNPM-Mp tahun anggaran 2013. Usulan pembangunan tersebut murni dari masyarakat melalui Musyawarah desa perencanaan. Dari hasil musyawarah tersebut masyarakat sepakat mengusulkan jalan yang menjadi akses utama masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan vitalnya sehari-hari boleh dibilang jalan tersebut menjadi urat nadi utama desa, karena adanya visi dan misi yang sama antara aparatur desa tokoh masyarakat dan juga masyarakat sendiri sehingga mengerucut dan menjadi tajam dan berakibat positif bagi desa tersebut. Semua tim yang dibentuk sesuai tupoksi masing-masing guna kelancaran program. Swadaya yang menjadi elemen dasar pendanaan mengucur deras keluar tanpa diminta berkali-kali kualitas pembangunan pun tak kalah dengan hasil pembangunan yang ditangani tenaga profesional yang dikontrak instansi pekerjaan umum.

Disini jelas terlihat bahwa dalam pelaksanaan program PNPM-Mpd, masyarakat tidak hanya dipandang sebagai objek tapi juga sebagai subjek yang berkewajiban membangun desanya sendiri, sehingga usulan yang muncul benar-benar murni dari masyarakat dan untuk masyarakat.(Ridho Asmara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar