Selamat datang di situs resmi PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat


Rabu, 27 November 2013

Tak Ada Rotan Akar Pun Jadi


Desa sungai Jering dulunya adalah sebuah dusun yang masuk dalam Kelurahan Teluk Nilau. Pada tahun 2012 terjadi pemekaran desa di Kecamatan Pengabuan dari 1 Kelurahan dan   3 desa menjadi 1 kelurahan dan 12 Desa, salah satunya dusun sungai Jering menjadi Desa baru. 

Pada tahun 2012 kegiatan PNPM-MP di kecamatan Pengabuan melaksanakan tahapan PNPM-MP di 1 Kelurahan dan 12 Desa dalam melaksanakan kegiatan Musyawarah Desa. Pelaksanaan kegiatan dimulai dari kegiatan MD Sosialisasi, Penggalian Gagasan, MDKP, MD Perencanaan, dan MD Informasi.


Animo masyarakat pada MDKP di desa Sungai Jering cukup tinggi hal itu terlihat dengan banyaknya peserta perempuan yang hadir/berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan di desa. Bahkan sebagian masyarakat dari kaum laki-laki yang ingin menyaksikan proses kegiatan tersebut. 

Pelaksanaan MDKP di desa Sungai Jering juga dihadiri oleh Pjs Kades, Kadus, RT, Pelaku PNPM. Dalam kegiatan tersebut banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh kaum perempuan terutama kegiatan apa saja yang bisa di danai oleh PNPM. FK dan UPK yang memfasilitasi pertemuan tersebut menjelaskan alur tahapan PNPM kepada peserta serta kegiatan-kegiatan apa saja yang bisa terdanai dan yang tidak bisa di danai oleh PNPM.

 Selain itu FK juga meminta kepada peserta kaum perempuan di desa Sungai Jering  yang mewakili dari masing - masing RT untuk membahas permasalahan dan potensi yang ada di dusun, yang nantinya menjadi tambahan dari hasil penggalian gagasan yang sebelumnya telah dilaksanakan di masing-masing dusun. 

Kegiatan MDKP ini dimulai dari jam 08. 30 sampai 12.30 WIB, Lokasi tempat yang direncanakan dirumah pak Kadus Parit Baru akhirnya dipindahkan ke halaman rumah pak Kadus dikarena keterlibatan Partisipasi kaum perempuan yang membludak. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari senin 17 Desember 2012, dan disepakati usulan yang di ajukan ke PNPM Pembangunan Jalan Rabat Beton sepanjang 500M, lebar 1,5 M. 

 Lokasi tempat yang direncanakan dirumah pak Kadus Parit Baru akhirnya dipindahkan ke halaman rumah pak Kadus dikarena keterlibatan Partisipasi kaum perempuan yang membludak. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari senin 17 Desember 2012, dan disepakati usulan yang di ajukan ke PNPM Pembangunan Jalan Rabat Beton sepanjang 500M, lebar 1,5 M. 

 Seperti kata pepatah tak ada rotan akar pun jadi, masyarakat desa sungai jering tak memperdulikan dimana MDKP itu dilaksanakan baik itu didalam ruangan atau diluar ruangan, yang terpenting bagi mereka tujuan dari pertemuan itu. -(Heru Novian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar